Minggu, 27 Maret 2011

RANGKUMAN KELAS 4 PEL. 15 MENGHORMATI HAK MILIK ORANG LAIN


1.     Keluaran 20:15 dan 17= Jangan mencuri dan jangan ingin memiliki apapun kepunyaan orang lain, baik rumahnya, istrinya, hambanya laki-laki atau hambanya perempuan, binatang ternaknya atau apa saja yang dimiliki sesamamu.
2.     Efesus 4:28 = Orang yang pernah mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.
3.     2 Tesalonika 3:10-12 = Jika seseorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan, kami katakan ini karena kami dengar bahwa ada orang yang tidak tertib hidupnya dan tidak bekerja, melainkan sibuk dengan hal-hal yang tidak berguna. Orang-orang yang demikian kami peringatkan dan kami nasehati dalam Tuhan Yesus Kristus, supaya tetap melakukan pekerjaan dengan tenang dan makan rejekinya sendiri
4.     Kol4:1 = Hai tuan-tuan, berlakulah adil dan jujur terhadap hambamu. Ingatlah, kamu juga mempunyai tuan di surga
5.     Belajar dari kisah Reggie Damone: 
            
Biar Miskin Asal Jujur
Biar miskin asal jujur adalah prinsip Reggie Damone. Ia seorang karyawan restoran cepat saji Mc Donald’s berpenghasilan rendah di kota Connecticut, AS. Pada hari Rabu, 2 Januari 2008, Damone menemukan amplop berisi cek senilai 185.000 dollar AS atau Rp 1,74 milliar.
Semula ia mengira amplop itu hanya sampah kertas yang biasa digunakan untuk mencatat nomor telepon. Ketika ia tahu amplop itu berisi cek, Damone mengaku ia tidak berpikir untuk mencairkannya meski dia tahu cek yang dicairkan dapat menghasilkan uang yang bisa digunakan untuk membayar sewa rumah daan berbagai tagihan dalam jangka waktu lama.
Pekerja yang mendapat jatah kupon malan untuk orang miskin dari pemerintah itu memilih mengembalikan cek tersebut kepada orang yang mengeluarkannya, yakni seorang kemenakan perempuan tuan tanah. Pemilik cek itu memberi Damone 50 dollar AS sebagai tanda terimakasih.
Mengapa Damone begitu jujur? Dia mengaku selalu mengingat pesan ibunya: “jika kamu mengambil sesuatu dari orang lain, kamu akan kehilangan tiga kali lebih banyak dari jumlah yang kamu ambil. Jika kamu berbuat baik, kamu akan mendapat balasan.
6.       Mencuri adalah perbuatan yang tidak adil karena hanya menguntungkan diri sendiri tanpa perlu berusaha atau bekerja keras dan merugikan orang lain yang telah berusaha terus-menerus namun kehilangan hasilnya.
7.       Apa saja yang dapat dimiliki orang di dalam hidupnya merupakan anugerah Allah yang harus dijaga dan dihormati
8.       Mencuri juga melawan kejujuran dan keadilan, merugikan dan mengakibatkan kesusahannya pada sesama. Melawan kasih kepada sesama, dan termasuk perbuatan dosa.
9.       Mencuri contohnya mencuri uang, merampas, memeras, menghilangkan atau merusak milik orang dengan sengaja, korupsi uang dan waktu, mencontek, tidak bayar hutang, berbohong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar