Minggu, 27 Maret 2011

RANGKUMAN KELAS 4 PEL. 13 SIKAP ORANG TUA TERHADAP ANAK DAN SIKAP ANAK TERHADAP ORANG TUA

1.    Anak-anak harus taat dan hormat pada orang tua
2.    Taat dan hormat kepada orang tua adalah perintah Tuhan sendiri yang terdapat dalam Sepuluh Perintah Allah yang berbunyi“ Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan, Allahmu kepada (Keluaran 20:12)
3.    Orang tua adalah wakil Allah yang menghidupi kita di dunia.
4.    Orang tua merawat dan memelihara hidup kita, mengantar kita menjadi manusia yang dewasa dan sejahtera.
5.    Orang tua juga menjadi anugerah Allah kepada anak-anak.
6.    Anak-anak harus bersyukur kepada Tuhan karena mempunyai orang tua.
7.    Kadang-kadang orang tua mengajar anak-anak dengan keras, tapi maksudnya baik. Orang tua menghendaki agar anak-anaknya menjadi baik, berhasil, dan berguna.
8.    Anak-anak dapat melakukan hal-hal yang meringankan beban orang tua dan menggembirakan hati mereka dengan rajin belajar, hidup hemat, dan membantu pekerjaan rumah sesuai kemampuan, selain anak-anak harus mendoakan orang tua
9.    Tugas orang tua adalah mendidik anak-anaknya dalam ajaran dan nasehat Tuhan.
10. Anak-anak adalah anugerah Tuhan kepada orang tua, untuk dikasihi dan dipelihara.
11. Orang tua mendidik dengan memberikan teladan hidup yang baik seperti: hidup dalam kasih dengan sesama, saling memaafkan dan cinta akan damai, mengutamakan Tuhan dalam segala hal, rajin berdoa dan beribadah.
12. Ada orang tua yang tidak dianugerahi anak-anak, tetapi Tuhan pasti memiliki maksud yang lain. Mereka dapat mendidik dan mengasihi anak-anak yang kurang beruntung.
13. Kadang-kadang orang tua perlu menghukum anak-anaknya.
14. Allah sewaktu-waktu juga perlu menghukum umatNya Israel jika mereka melawan Allah. Tetapi maksudnya agar Israel bertobat dan kembali kepada Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar